Model Pembelajaran Scramble
tampak seperti Model Pembelajaran Word Square, bedanya jawaban soal tidak
dituliskan di dalam kotak-kotak jawaban, tetapi sudah dituliskan namun dengan
susunan yang acak, nah siswa nanti bertugas mengkoreksi ( membolak-balik huruf
) jawaban tersebut sehingga menjadi jawaban yang tepat/benar.
Media :
- Buatlah pertanyaan yang sesuai dengan kompetensi yang ingin dicapai
- Buat jawaban yang diacak hurufnya
Langkah-langkah pembelajarannya
sebagai berikut :
- Guru menyajikan materi sesuai kompetensi yang ingin dicapai.
- Membagikan lembar kerja sesuai contoh.
Susunlah huruf-huruf pada kolom B
sehingga merupakan kata kunci (jawaban) dari pertanyaan pada kolom A!
Kolom A
1. Sebelum mengenal uang orang
melakukan pertukaran dengan cara …
2. … digunakan sebagai alat
pembayaran yang sah
3. Uang … saat ini banyak
dipalsukan
4. Nilai bahan pembuatan uang
disebut nilai …
5. Kemampuan uang untuk
ditukar dengan sejumlah barang atau jasa disebut nilai …
6. Nilai perbandingan uang
dalam negeri dengan mata uang asing disebut …
7. Nilai yang tertulis pada
uang disebut nilai …
8. dorongan seseorang
menyimpan uang untuk keperluan jual beli disebut …
9. perintah tertulis dari
seseorang yang mempunyai rekening di bank untuk membayar
sejumlah uang disebut …
Kolom B
1. TARREB ……………………………. ( Contoh :
jawaban yang benar……BARTER )
2. GANU …………………………………
3. TRASEK ………………………………
4. KISTRINI ………………………………
5. LIRI ………………………………………
6. SRUK …………………………………
7. MINALON ………………………….
8. SAKSITRAN …………………………
9. KEC ……………………………………
Demikianlah, mudah-mudahan postingan
ini dapat menambah khasanah pembelajaran kita sehingga pembelajaran yang
dirancang Bapak/Ibu Guru dapat lebih bervariatif, lebih bermakna, menantang
sekaligus menyenangkan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar