Jumat, 18 Mei 2012

Model Pembelajaran Scramble


Model Pembelajaran Scramble tampak seperti Model Pembelajaran Word Square, bedanya jawaban soal tidak dituliskan di dalam kotak-kotak jawaban, tetapi sudah dituliskan namun dengan susunan yang acak, nah siswa nanti bertugas mengkoreksi ( membolak-balik huruf ) jawaban tersebut sehingga menjadi jawaban yang tepat/benar.
Media :
  1. Buatlah pertanyaan yang sesuai dengan kompetensi yang ingin dicapai
  2. Buat jawaban yang diacak hurufnya
Langkah-langkah pembelajarannya sebagai berikut :
  1. Guru menyajikan materi sesuai kompetensi yang ingin dicapai.
  2. Membagikan lembar kerja sesuai contoh.
Susunlah huruf-huruf pada kolom B sehingga merupakan kata kunci (jawaban) dari pertanyaan pada kolom A!
Kolom A
1.  Sebelum mengenal uang orang melakukan pertukaran dengan cara …
2.  … digunakan sebagai alat pembayaran yang sah
3.  Uang … saat ini banyak dipalsukan
4.  Nilai bahan pembuatan uang disebut nilai …
5.  Kemampuan uang untuk ditukar dengan sejumlah barang atau jasa disebut nilai …
6.  Nilai perbandingan uang dalam negeri dengan mata uang asing disebut …
7.  Nilai yang tertulis pada uang disebut nilai …
8.  dorongan seseorang menyimpan uang untuk keperluan jual beli disebut …
9.  perintah tertulis dari seseorang yang mempunyai rekening di    bank untuk membayar sejumlah uang disebut …
Kolom B
1. TARREB ……………………………. ( Contoh : jawaban yang benar……BARTER )
2.  GANU …………………………………
3.  TRASEK ………………………………
4.  KISTRINI ………………………………
5.  LIRI ………………………………………
6.  SRUK …………………………………
7.  MINALON ………………………….
8.  SAKSITRAN …………………………
9.  KEC ……………………………………

Demikianlah, mudah-mudahan postingan ini dapat menambah khasanah pembelajaran kita sehingga pembelajaran yang dirancang Bapak/Ibu Guru dapat lebih bervariatif, lebih bermakna, menantang sekaligus menyenangkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar